PESONA MERDU GEMA TANOH ALAS

Tanoh Alas atau Kutacane adalah salah satu Kabupaten Di Aceh yang memiliki beragam budaya yang menarik serta bahasa yang khas. Terletak di sebuah Lembah yang dikenal dengan Bumi Sepakat Segenep.

Selasa, 05 Oktober 2010

ITIK SAHUK by David Viradi

Itik sahuk adalah salah satu masakan tradisional dari Tanoh Alas yang mungkin sekilas mirip rendang namun memiliki cita rasa yang sangat berbeda dari pada Rendang pada umumnya. Itik dalam bahasa Indonesia berarti Bebek, sedangkan Sahuk berarti Gonseng dalam bahasa Indonesia, jadi dalam Bahasa Indonesia kuliner ini dapat berarti Bebek Gonseng.

Kali ini saya akan membagikan Resep kuliner ini yang mungkin akan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Resep ini saya miliki dari ibu saya karena saya sendiri sangat menyukai masakan ini dan sering dibuatkan oleh istri saya walaupun istri saya adalah suku jawa dan domisili kami pun tidak di kutacane melainkan di Riau.



Kuliner Khas Dari Tanoh Alas


Itik Sahuk

Ini adalah Masakan untuk daging bebek ukuran 2 kg

Langkah Pertama

Bahan Utama Adalah Daging Bebek,

Setelah di bersihkan, hendaknya daging bebek tersebut dibakar terlebih dahulu pada api yang menyala untuk mengeluarkan minyak dari daging bebek sekaligus ini adalah trik untuk menghilangkan bau prengus pada daging bebek atau dalam istilah di tanoh alas adalah Ngelulus.

Setelah dibakar sekitar 10s/d15 menit secara merata, kemudian daging bebek di potong-potong dengan ukuran sesuai selera masing-masing dan di cuci sampai bersih.


Langkah Kedua.

Ambil satu butir Kelapa,


Kemudian kelapa di parut lalu digonseng pada wajan dengan api yang kecil dan terus di aduk-aduk sampai warna kelapa parut tersebut berwarna coklat kemerah-merahan. Setelah warna kelapa parut tersebut berubah maka angkat lalu di giling sampai halus, untuk mengiling kelapa gonseng ini usahakan saat masih panas agar mudah dihaluskan karena kalau sudah dingin akan susah untuk digiling.


Langkah Ketiga.

Siapkan bumbu dapur :

- 15 ruas cabe Merah kering (kalau suka pedas boleh di tambahkan cabe rawit)

- 4 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 5 sendok makan ketumbar

- 1 sendok makan Merica

- 2 butir Kemiri

- 100 gr Laos atau Lengkuas

- 5 irisan Jahe

- 2 batang Serai

- 1 potong kunyit (ukuran 2cm)

- ½ sendoh teh Jinten



Bumbu diatas di cuci dan bersihkan kemudian dihaluskan dengan Blender atau gilingan manual kalau sanggup menggilingnya.....



Langkah ke Empat

Siapkan Wajan kemudian beri 5 sendok makan minyak goreng dan tumis bumbu yang telah dihaluskan diatas sekitar 5 menit. Setelah lima menit masukan gilingan Kelapa gonseng yang telah halus tadi ke tumisan bumbu, serta daging bebek yang telah bersih juga ikut dimasukan, aduk sebentar kemudian beri Air putih secukupnya. Pemberian air ini adalah tergantung selera masing-masing, jika ingin berkuah maka air dibanyakan ataupun jika danging bebek yang kita olah cukup tua maka akan diperlukan waktu yang lebih lama untuk memasaknya, jadi air yang kita gunakanpun akan semakin banyak.



Langkah Kelima

Siapkan dan masukan Bumbu dan bahan dibawah ini sebagai pelengkap masakan

- 5 lembar Daun Salam

- 2 Buah Bunga Lawang

- 5 butir Kapulaga (pecahkan terlebih dahulu)

- 1 butir Jeruk nipis yang di peras airnya ( kalau suka asam boleh 2 butir)

- 1 potong Kayu manis ukuran 1x2cm



Setelah masakan hampir matang (Daging mulai Empuk) tambahkan garam dapur secukupnya kemudian diaduk.

Setelah masakan matang maka siapkan pada wadah kemudian disajikan dengan menaburi bawang goreng di atas masakan tersebut

SELESAI



1 komentar:

Aradi Sebayang mengatakan...

Assalamualaikum.....
Tulung be saudare q se tanoh alas, lagu lusi malet mu ni download, kirim Ken tulunglink download ni atau file lagu asli ne be email q
Radisby@gmail.com