PESONA MERDU GEMA TANOH ALAS

Tanoh Alas atau Kutacane adalah salah satu Kabupaten Di Aceh yang memiliki beragam budaya yang menarik serta bahasa yang khas. Terletak di sebuah Lembah yang dikenal dengan Bumi Sepakat Segenep.

Selasa, 26 Oktober 2010

KENDILING by David Viradi

KENDILING
(cakhe khang Alas)



Kendiling adalah salah satu jenis makanan Lauk yang sering ada pada masyarakat perkampungan di Tanoh Alas. Jenis resep ini juga di miliki oleh daerah lain dengan perbedaan-perbedaan pengolahan, nama dan penyajian ataupun bahan-bahannya. Pada Suku jawa, sajian ini sering disebut dengan sambal tuk-tuk, namun bedanya pada sajian jawa ditambahkan bahan dapur lainnya yaitu kencur.
Kendiling itu sendiri terdiri dari berbagai macam bahan utama, ada yang menggunakan ikan teri ataupun berbagai jenis ikan tawar seperti Gabus, Mujair ataupun ikan Mas, namun cara pengolahannya tetap sama.

Pengolahan Dengan Ikan Teri



Adapun ikan teri yang telah dicuci, digonseng pada wajan dengan api yang kecil tanpa minyak sedikitpun, kemudian diaduk-aduk sampai warna dari tersebut berubah menjadi kecoklatan dan daging teri nya menjadi garing.

Pengolahan Dengan Ikan Mujair



Ikan Mujair yang telah di bersihkan kemudian dibakar di bara api setelah di beri garam dan asam jeruk Lemon (jeruk nipis) terlebih dahulu, proses pembakaran ikan ini tanpa menggunakan bumbu samasekali kecuali garam dan asam. Setelah ikan matang, maka di ambil bagian daging ikan tersebut dan pisahkan dari tulang-tulangnya, begitu juga cara untuk ikan lainnya seperti ikan Gabus, Lele ataupun ikan Mas.

Adapun bahan yang harus disiapkan untuk mengolah bahan utama yang telah disiapkan diatas cukuplah sederhana, dan hanya terdiri dari 2 jenis bahan yaitu Cabe Rawit dan Asam Sunti/Kemie (bisa diganti dengan asam Lemon atau Nipis bila tidak ada)


Cabe Rawit dan Asam Sunti/Kemie

Cara Pengolahan :
1. Siapkan Gilingan Batu/Cobek
2. masukan Cabe rawit secukupnya sesuai selera, kemudian giling.
3. setelah halus maka masukan Ikan teri ataupun daging ikan Mujair bila
membuat Kendiling ikan Mujair
4. Giling kembali seraya menambahkan asam sunti (jeruk nipis) hingga tekstur
sajian merata dan halus kasar.
5. Sajian Siap dihidangkan.

Walau terkesan sederhana dan ala kadarnya, namun sajian ini sangat nikmat apabila di nikmati pada alam terbuka dengan pemandangan hamparan sawah yang menghijau.

Tidak ada komentar: