PESONA MERDU GEMA TANOH ALAS

Tanoh Alas atau Kutacane adalah salah satu Kabupaten Di Aceh yang memiliki beragam budaya yang menarik serta bahasa yang khas. Terletak di sebuah Lembah yang dikenal dengan Bumi Sepakat Segenep.

Kamis, 04 November 2010

MIE LONTONG CANE by David Viradi

Mie Lontong ala kutacane

Makanan ini mungkin banyak terdapat di hampir semua daerah di Indonesia, walau namanya sama tapi Mie lontong di Tanoh Alas tidak akan bisa di jumpai di daerah-daerah lain.


Anaku Sedang makan Mie Lontong Cane

Penyebab tidak tersedianya makanan ini di daerah lain adalah karena bahan utama pembuatan Mie ini adalah Mie lidi yang konon kabarnya hanya di produksi di Sumatera Utara, jadi jangan harap ada di jual di daerah lain, bahkan rekan-rekan saya yang berada di Lampung dan Palembang saja minta di kirim dari Medan untuk memperoleh Mie Lidi tersebut.


Mie Lidi Mentah


Mie lontong Kutacane terdiri berbagai paduan masakan berupa :

  1. Mie Lidi
Mie Lidi direbus sampai mengembang sehingga tekstur mie menjadi Lembut.

Mie Lidi Yang Telah Direbus

  1. Gulai

Gulai ini merupakan kuah untuk pembuatan mie dimana sayur yang biasa di gunakan adalah nangka muda (gori), namun bisa juga di ganti dengan Labu siam atau buah kates yang masih muda.

Sayur Gulai Nangka

Bumbu yang digunakan dalam membuat gulai ini adalan : Cabe Merah, Bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, Laos (lengkuas), ketumbar, jahe, kunyit dan merica. Semua bumbu diatas dihaluskan

Setelah Halus, tumis sebentar bersama nangka muda yang telah di potong-potong sekitar 2 s/d 5 menit, setelah itu baru masukan santan kelapa dan jangan lupa masukan sedikit kayu manis, daun salam dan kapulaga serta beri garam secukupnya. Aduk-aduk masakan sampai matang agar santan tidak pecah dan setelah sayur nangka lembut sayur gulai siap di sajikan sebagai kuah mie.

  1. Taoco

Selain Sayur Gulai, ada masakan lain yang tidak boleh ketinggalan yaitu Tauco, sayur yang biasa digunakan adalah Kacang Panjang namun bisa juga di gantikan dengan sayur nangka muda.

Taoco Kacang Panjang

Cara membuat sayur Taoco ini hampir sama dengan membuat sayur taoco pada umumnya yaitu dengan irisan cabe hijau, irisan bawang merah, irisan bawang putih, irisan jahe dan irisan tomat yang di tumis pada wajan dengan menambah kan taoco, setelah itu masukan juga Serai, laos (lengkuas) dan daun salam serta jangan lupa sekalian masukan kacang panjang yang telah di potong-potong. Jika ingin lebih lengkap, sayur taoco ini juga bisa di berikan rencah berupa udang, tahu atau tempe yang di potong dadu dan telah di goreng terlebih dahulu.

Aduk-aduk sayur taoco sambil di tambahkan air secukupnya agar sayur kacang mudah lembut, setelah lembut sayur siap di sajilan.

  1. Lontong

Jenis masakan dari beras ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, karena masakan ini di miliki hampir di semua penjuru nusantara, pembuatannyapun dengan beragam media seperti daun pisang, ketupat atau wadah plastik.

Lontong

Pada Mie Kutacane, lontong juga bisa ditambahkan mada mie jika berminat namun ini merupakan tidak suatu keharusan.



Setelah kesemua bahan di atas lengkap, maka sajian mie Kutacane inipun bisa di racik, yaitu dengan menyiapkan piring lalu ambil mie lidi dan lontong secukupnya kemudian beri sayur taoco 2 atau 3 sendok makan dan siramkan dengan kuah Gulai diatasnya, setelah itu dapat pula ditaburi bawang merah yang telah digoreng atau kerupuk pada sajian dan SIAP DI SANTAP......



Muaaaakknyyuuusssss.........

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mba. kira2 kalo mau beli mie lidinya doang tau gak kontak yg bisa dihubungi? saya dari gorontalo soalnya. mksh sblmnya :)